PLN Gelar Inspection Day Serentak untuk Tingkatkan Kesadaran Implementasi K3 dan Budaya Safety

Parlemenesia – Sebagai bentuk nyata konsistensi menjalankan komitmen pengimplementasian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Budaya Safety di lingkungan kerja, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) ikuti gelaran Inspection Day yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang mengusung tema “Berbudaya K3 untuk Mewujudkan Aktivitas Ketenagalistrikan yang Aman, Sehat, Selamat dan Berkelanjutan“ dipimpin langsung oleh Direktur Distibusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto secara daring dari Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ngagel, UP3 Surabaya Selatan, UID Jawa Timur.

Read More

Dalam pembacaan Safety Message, Direktur Distribusi Adi Priyanto memberi pesan bahwa keselamatan kerja bukan hanya tanggung jawab Tim K3, tetapi harus menjadi tanggung jawab seluruh insan PLN dari segala lini.

“Kegiatan hari ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan implementasi K3 serta memperkuat budaya safety di lingkungan kerja PLN, sehingga akan terus mengakar dalam sanubari insan PLN,” ujar Adi.

Ia menekankan, beberapa penyebab terjadinya kecelakaan kerja akibat missed komunikasi, petugas tidak mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP), alat kerja dan Alat Pelindung Diri (APD) tidak standar, bekerja tidak menggunakan Working Permit dan lainnya.

“Pastikan seluruh pekerjaan telah mematuhi kaedah – kaedah K3 sehingga tidak ada lagi kecelakaan kerja terjadi di PLN,” ucapnya.

PLN tidak akan mentolelir terjadinya kehilangan salah satu keluarga kita akibat kecelakaan kerja, oleh karenanya semua personel harus saling menjaga, tegas Adi Priyanto.

Mulailah pekerjaan dengan selalu berdo’a, gunakan APD lengkap, baca SOP dan instruksi kerja, periksa alat komunikasi yang tersedia dan mari kita bersama – sama menjaga keselamatan kerja.

“Ingat bahwa tidak ada yang lebih berharga dari pada jiwa manusia, lakukan pekerjaan dengan kualitas terbaik dan pulang dengan kondisi lengkap sebab keluarga kita menunggu dirumah.” tutup Adi.

Inspection Day merupakan bagian dalam rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional. Melalui kegiatan ini, PLN menggarisbawahi komitmen dan perhatiannya terhadap aspek K3 serta keselamatan di tempat kerja, yang merupakan prioritas utama perusahaan dalam menjaga kesejahteraan dan keamanan para pekerjanya.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin melaporkan, PLN UID Kalselteng menurunkan 61 personil dalam kegiatan Inspection Day tersebut saat disapa oleh Direktur Distribusi PT PLN (Persero).

“Seluruh personel dalam kondisi prima dan siap melakukan kegiatan Inspection Day,” paparnya.

Inspection Day adalah salah satu sarana sosialisasi pentingnya implementasi K3 dan Budaya Safety di lingkungan kerja PLN dan perwujudan komitmen Direksi dan Manajemen dalam mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran dan budaya keselamatan di PLN. Inspection Day menjadi momen penting dalam mengingatkan dan memperkuat kembali komitmen kolektif kami terhadap K3. Dengan kerjasama dan partisipasi dari seluruh elemen perusahaan, kami yakin dapat mencapai standar keselamatan yang lebih tinggi” ucap Joharifin.

Kegiatan Inspection Day meliputi gelar pasukan dan peralatan, serta Management Safety Walkdown atau peninjauan langsung penerapan kaedah safety dalam pelaksanaan pekerjaan oleh manajamen PLN UID Kalselteng di beberapa titik lokasi.

Dengan dilaksanakannya Inspection Day diharapkan dapat meningkatkan awareness seluruh manajemen lini Unit PLN untuk dapat melaksanakan inspeksi secara rutin dan meningkatkan pengawasan dalam implementasi K3 di lapangan, sehingga dapat mencapai tujuan PLN Zero Harm dan Zero Loss.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *