Pemprov Kalsel Tanam 8.000 Bibit Mangrove di Tanbu

SUASANA - Penanaman bibit mangrove di Desa Muara Pagatan, Tanah Bumbu, Selasa (2/7/2024). (Foto: Humas Pemprov Kalsel)

Parlemenesia – Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) menanam 8.000 bibit mangrove di Desa Muara Pagatan, Tanah Bumbu, Selasa (2/7).

Penanaman ini memperingati Hari Lingkungan Sedunia. Tak hanya penanaman, namun juga aksi bersih-bersih pantai yang melibatkan warga setempat.

Read More

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana bilang, aksi ini jadi salah satu bentuk pemulihan lahan. Menurutnya, pemulihan degradasi lahan sangat penting.

“Lahan jadi ruang hidup manusia, menyediakan makanan, pakaian, dan tempat perlindungan. Selain itu, lahan juga mendukung perekonomian, kehidupan dan mata pencaharian,” katanya.

Untuk itu, perlu peningkatan ambisi dan investasi dalam pemulihan lingkungan. Sehingga memberikan momen terobosan besar bagi perbaikan lahan.

“Lahan yang ditanami bibit mangrove seluas 6 hektare. Dari segi perawannya dilakukan oleh kelompok nelayan belanak dan pemerhati mangrove, dibiayai Bank Kalsel,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DLH Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo mengapresiasi Pemprov Kalsel yang menjadikan Tanbu jadi tuan rumah puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia

“Kegiatan ini sangat membantu dalam rehabilitasi lahan kritis. Harapannya, kegiatan akan terus berlanjut,” tandasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *