Korupsi Gratifikasi, Eks Bupati Kukar Divonis 10 Tahun Penjara

Rita Widyasari mengenakan rompi oranye. (Foto: Net)

Parlemenesia – Eks Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari jadi sorotan. Ia tersandung kasus korupsi penerimaan gratifikasi di Pemkab Kukar.

KPK mengungkap, Rita terbukti menerima suap dari Dirut PT. Sawit Golden Prima, Hery Susanto Gun alias Abun.

Menurut hakim, Rita terbukti menerima gratifikasi Rp110 miliar. Ia menerima gratifikasi bersama dengan staf khususnya, Khairudin.

Hakim menilai, Rita menugaskan sang staf mengkondisikan penerimaan uang terkait perizinan dan proyek-proyek di lingkungan Pemkab Kukar.

Karenanya, puluhan mobil maupun motor hingga uangnya disita KPK. Selain itu, ada enam aset berupa lahan dan bangunan di berbagai lokasi.

Selanjutnya, disita uang Rp6,7 miliar dan mata uang asing yang ditaksir mencapai Rp2 miliar. Totalnya yakni Rp8,7 miliar.

Sebab kejahatannya itu, Rita divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Siapa gerangan Rita? Ia adalah politikus Partai Golkar yang pernah menjabat sebagai Bupati Kutai Kartanegara sebanyak dua periode.

Rita pertama menjabat bupati untuk periode 2010 hingga 2015. Kemudian, ia kembali menang dalam Pilkada 2016 sebagai Bupati Kutai Kertanegara.

Informasi dihimpun, Rita adalah anak kedua dari mantan Bupati Kutai Kartanegara, Syaukani Hasan Rais. Ayahnya juga pernah terjerat kasus korupsi dana APBD Kutai Kartanegara pada 2007 lalu.

Ayah Rita diketahui sebagai narapidana kasus korupsi yang mendapatkan grasi. Dia sebelumnya dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi dan divonis enam tahun penjara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *